WCU2013: Vaksinasi Polio: IPV vs OPV (28 Maret 2013)

Dikarenakan hari Jumat, 29 Maret 2013 bertepatan dengan hari libur nasional, maka kegiatan weekly clinical updates dilaksanakan pada Kamis, 28 Maret 2013.

Acara dimulai dengan case presentation oleh dr. Nurmalia Mabruroh dari Dinkes Kulon Progo. Kasus yang dibahas adalah tentang catch up imunisasi polio pada anak. Dilanjutkan dengan pemberian broad review dan diskusi bersama dengan dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A(K), Ph.D.

Dilanjutkan dengan presentasi critical appraisal oleh dr. Ratna Ekawati dari RS At Turots Al Islamy. Jurnal yang dipresentasikan berjudul “The eff ect of mass immunisation campaigns and new oral poliovirus vaccines on the incidence of poliomyelitis in Pakistan and Afghanistan, 2001–11: a retrospective analysis“. Dilanjutkan dengan pemberian broad review dan diskusi bersama dengan dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A(K), Ph.D.

Selanjutnya acara terakhir adalah acara pemaparan current information  oleh dr. Retno Sutomo, Sp.A, Ph.D. tentang vaksin polio.

Untuk refleksi terbaik tentang tema pekan lalu, yaitu mengenai Anemia Defisiensi Besi pada Ibu Hamil didapatkan oleh dr. Sigit Eko.

Alhamdulillah acara berjalan lancar dan berikut ini adalah materi dari dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A(K), Ph.D, silahkan diunduh.

http://www.mediafire.com/?fzhhru9i80j9n19

Dan berikut ini e-book ‘Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak di Rumah Sakit’ dari WHO, terdapat dua versi, versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia

http://www.mediafire.com/?r5mqgppr5yh4o10

Bahasa Inggris

http://www.mediafire.com/?61d6b0023oyq1j5

Atau jika teman sejawat menginginkan buku tersebut dalam bentuk hardcopy bisa mendapatkannya di perpustakaan bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUP Dr. Sardjito.

Untuk HSC atau catatan kuliah silahkan diunduh.images

http://www.mediafire.com/download/v8cznedlrojs84d/HSC+Imunisasi+Lengkap%2C+Anak+Sehat.pdf

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan pekan ini

4 thoughts on “WCU2013: Vaksinasi Polio: IPV vs OPV (28 Maret 2013)

  1. Saya tidak dapat mendownload file e-book ‘Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak di Rumah Sakit’ dari WHO versi bahasa Indonesia karena saat saya memasukkan password dikatakan bahwa passwordnya salah, apakah khusus file tersebut passwordnya berbeda dengan file lain. Mohon konfirmasinya. Terima kasih

  2. siang..dok mau tanya bagaimana sih cara membuat refleksi kasus yang benar?
    kl boleh,saya minta contoh refleksi kasus nya.Contoh refleksi kasus yang terbaik.makasih

    • sebenarnya refleksi kasus kan merefleksikan apa yang dokter lakukan sehari-hari, yang kemudian di cek dengan referensi apa yang seharusnya dilakukan. semakin banyak referensi yang dokter baca dan cantumkan lebih banyak dok, tentunya tidak sekedar mencantumkan referensi tetapi bagaimana dokter ‘mengolah’ referensi tersebut. misalnya ada yang menyertakan banyak jurnal, tetapi tidak di critical appraisal. tentunya berbeda dengan dokter yang mencantumkan jurnal, dan melakukan critical appraisal pada jurnal tsb, shg mengetahui update baru yang sesuai EBM yang dpt diterapkan di primary care. semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s